Indonesia yang Kaya dengan Kuliner

November 28, 2013 in food

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya akan tradisi dan budaya. Setiap daerah memiliki budaya yang berbeda sehingga menambah keragaman yang ada. Oleh karena itu, tidak heran jika kuliner Indonesia sangat lah beragam. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh adanya berbagai macam rempah dan bumbu yang digunakan untuk memasak. Dengan demikian, banyak tercipta masakan-masakan yang memadupadankan berbagai bumbu dan rempah. Selain itu, karena sumber daya alam yang melimpah, banyak juga bahan alam yang digunakan sebagai makanan dalam kehidupan sehari-hari.kuliner indonesia

Karena Indonesia sempat menjadi negara jajahan berbagai negara, tidak mengherankan jika ada beberapa makanan yang dipengaruhi budaya negara asing. Selain pengaruh penjajahan, masakan yang ada di Indonesia juga dipengaruhi oleh hubungan perdagangan yang dilakukan dengan negara lain. Bahkan, beberapa makanan itu pun masih menjadi santapan masyarakat Indonesia sampai saat ini. Misalnya saja mie dan lumpia. Dalam proses pembuatannya, makanan tersebut dipengaruhi oleh budaya China. Selain itu, ada beberapa makanan di daerah Sumatera yang terpengaruh oleh budaya Timur Tengah dan India.

Dengan adanya aneka ragam jenis makanan di Indonesia, tidak heran jika cara menyantapnya pun beraneka ragam. Pada dasarnya, sendok dan garpu adalah alat makan yang mendominasi. Akan tetapi, banyak juga makanan yang dimakan tanpa menggunakan alat makan atau dengan tangan telanjang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar