Makanan Yang Sehat dan Murah

January 28, 2014 in health

Sebuah riset mengenai menu sehat dilakukan di School of Public Health Boston, Harvard. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa untuk mengkonsumsi makanan sehat diperlukan tambahan US$ 1,5 per orang per hari, dibandingkan mengkonsumsi menu makanan yang biasa.

Menurut Dr. Hilary Seligman, assistant professor of medicine di University of California, San Francisco, mengkonsumsi makanan sehat dengan budget yang rendah dapat dilakukan tetapi sangat memerlukan perjuangan. Di tempat yang lain Melissa Joy Dobbins, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menyatakan bahwa hasil riset ini harus meyakinkan para konsumen bahwa mengkonsumsi makanan sehat tidaklah mahal. Ia merekomendasikan beberapa makanan sehat dengan biaya yang murah seperti berikut ini:

1. Kacang

Kacang mengandung serat, protein, zat besi dan seng. Kacang yang kering lebih murah tetapi perlu direndam dulu. Sementara kacang kaleng harus dicuci terlebih dahulu untuk menurunkan kadar garamnya.

2. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6, serat, potassium dan vitamin C. Buah ini mudah didapat dan bisa digunakan sebagai topping pada yoghurt atau sereal.

3. Mentega kacang

Satu sendok makan mentega kacang mengandung sekitar 95 kalori, 4 gram protein dan delapan gram lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

4. Yoghurt:

Non-fat yoghurt atau plain adalah sumber terbaik untuk kalsium dan protein. Untuk menghemat belilah yoghurt dalam kemasan besar. Untuk yoghurt plain anda bisa menambahkan sendiri rasanya.

5. Kacang polong beku

Sayuran yang dibekukan adalah alternatif menu sehat yang baik sebagai pengganti sayuran segar. Kacang polong beku mengandung protein, serat dan vitamin A.

makanan sehat

makanan sehat

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar