Efek Samping Minum Teh Sehabis Makan

February 13, 2014 in health

Teman sehabis makan emang paling enak Membuat Teh Manis sendiri untuk kita minum. Tapi apakah kalian tahu efek minum teh sehabis makan? Minum teh setelah makan terbukti bisa mengakibatkan anemia. Hal tersebut berdasarkan riset dari Bagian Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang. Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

Menurut Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. Rachmad Soegih ““Bila kita makan menu standar plus segelas teh, zat besi yang diserap hanya setengah dari yang semestinya” “dan zat tanin itu sendiri memang menghambat produksi hemoglobin. Kalau memang mau menghindari teh dan mendapatkan banyak zat besi, sebaiknya teh digantikan air jeruk sebagai peneman makan.” Lanjutnya. Dengan pembuktian dari Ahli Gizi dari Rumah Sakit ternama tersebut. masih maukah anda Membuat Teh Manis untuk teman sehabis makan anda?

minum teh

minum teh

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar