Seragam Sekolah Pada Hari Jumat

February 25, 2014 in Tips

Pada hari Jumat, kebanyakan sekolah di tanah air biasanya menerapkan peraturan untuk menggunakan baju muslimĀ bagi yang beragama Islam, dan baju batik bagi pemeluk agama lain. Peraturan ini diadakan di berbagai tingkatan pendidikan dari mulai Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas. Dengan diadakannya peraturan seperti ini maka anak dibiasakan untuk minimal mengenal pakaian yang disyariatkan agamanya.

Bagi sebagian anak, peraturan semacam ini juga memberikan variasi seragam yang mereka kenakan. Jika tiga atau empat hari sebelumnya menggunakan model pakaian yang itu-itu saja, maka pada hari Jumat mereka dapat mengenakan model yang lebih berbeda dengan sebelumnya. Model pakaian seperti ini juga menutup aurat sehingga anak-anak dapat mengerti batas-batas bagian tubuh yang boleh terlihat dan mana yang tidak. Bagi kaum lelaki yang beragama Islam juga memberikan mereka kemudahan ketika akan melaksanakan shalat Jumat.

Baju muslim yang digunakan pun biasanya ada yang ditentukan dari sekolah dan ada juga yang dibebaskan sesuai kegemaran masing-masing murid selama tetap sesuai dengan aturan yang ada. Bagi saya pribadi, penggunaan seragam yang ditentukan itu sebenarnya bertujuan untuk lebih mengedepankan aspek kebersamaan antar siswa yang ada di sekolah. Dengan mengenakan busana muslim ke sekolah setidaknya merupakan salah satu upaya dalam mengembalikan sisi relijius generasi muda yang lambat laun terus tergerus oleh arus negatif globalisasi. Meski bagi murid tidak digunakan setiap hari, namun dengan membiasakannya maka minimal mengenal pakaian yang baik untuk mereka. Di masa depan generasi bangsa adalah generasi yang pikirannya mengglobal namun dengan sikap perilaku dengan kearifan lokal.

baju muslim

baju muslim

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar