4 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Kartu Kredit Online

July 21, 2014 in Tips

Kartu kredit memberikan kemudahan bagi siapa saja yang menggunakan. Para pengguna hanya tinggal menggesek kartu kredit tersebut apabila ingin melakukan transaksi pembayaran dimanapun. Dengan kemudahan daftar kartu kredit online maka orang – orang sangat berantusias sekali untuk membuat kartu kredit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal tentang kartu kredit, ┬ákarena dengan adanya kartu kredit sendiri sebenarnya manfaat untuk para penggunanya dan itu semua tergantung dari para pemakainya sendiri yang sadar akan hal itu. Dan berikut merupakan 4 hal yang harus diketahui tentang kartu kredit :

Waktu Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Hal pertama yang harus diketahui adalah waktu pembayaran tagihan kartu kredit. Sebaiknya bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terkena bunga dan denda tinggi. Tetapi, apabila tidak mampu membayar tagihan penuh, Anda masih diperbolehkan untuk membayah jumlah minimum tagihan kartu kredit. Walaupun diperbolehkan mencicil, hal tersebut harus dihindari karena akan memperoleh bunga tinggi yang mengakibatkan Anda selalu tidak mampu membayarnya secara lunas.

Jumlah Limit Kartu Kredit

Limit tak terbatas pada kartu kredit akan membunuh untuk para penggunanya. Sebelum mengajukan kartu kredit, alangkah baiknya melihat kemampuan financial dan keuangan Anda. Jangan mengajukan limit tanpa batas atau tinggi, jika Anda tidak mampu karena ini akan memberatkan tagihan kartu kredit. Anda harus menghitung limit kartu kredit maksimal 30 % dari jumlah pendapatan.

Biaya Denda dan Bunga

Denda dan suku bunga kartu kredit juga harus diperhatikan apabila ingin memiliki kartu kredit. Pilihlah kartu kredit yang menawarkan bunga dan denda ringan serta rendah. Hal ini berguna untuk mengurangi jumlah tagihan kartu kredit dikarenakan denda dan bunga tinggi. Hindari kartu kredit dengan biaya tahunan karena akan memberatkan kondisi keuangan.

Mengenali Fungsi Kartu Kredit

Sebelum memiliki kartu kredit, ada baiknya untuk memahami fungsi dari kartu kredit itu sendiri. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa kartu kredit adalah kartu hutang. Hal ini tidak salah karena Anda berhutang dahulu saat membayar sesuatu. Tetapi, anggapan tersebut sedikit ekstrem dan membuat banyak orang enggan memakainya. Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai. Anda bisa membeli apapun hanya dengan menggunakan kartu kredit. Luar biasa mudahnya. Namun, pendapat kartu kredit merupakan uang tunai harus dihindari karena para pengguna bisa terjebak dalam asumsi salah ini. Jika berasumsi seperti itu, maka pengguna akan kalap dalam menggunakan kartu kredit. Jadi, pahamilah fungsi kartu kredit itu.

kartu kredit

kartu kredit

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar