Kreasi Bahan Ubi Ungu: Cemilan Sehat untuk Anak 1 Tahun

April 12, 2017 in food, Kesehatan

Pastinya Bunda sudah tahu bahwa ketika anak menginjak usia 1 tahun, makanan anak mulai dapat divariasikan seperti menu orang dewasa. Tentunya dengan diolah menjadi halus terlebih dahulu atau dipotong kecil-kecil. Anak usia ini juga harus diberikan selingan makanan berupa cemilan sehat untuk anak 1 tahun. Cemilan bagi anak usia 1 tahun juga merupakan asupan penting loh, Bunda! Hal ini karena, ukuran perut anak yang masih kecil hanya dapat menampung sedikit asupan makanan, namun anak juga membutuhkan gizi dan nutrisi yang banyak. Nah, untuk memenuhi kelengkapan gizi dan nutrisi si kecil, Bunda harus memberi selingan makan utamanya dengan cemilan. Tentunya, cemilan yang diolah harus berupa cemilan sehat dan mengandung bahan-bahan yang aman untuk tubuh anak.

Agar cemilan yang disediakan tidak membuat anak bosan dan tidak nafsu makan, maka kreasikan bahan-bahan yang tidak biasa untuk cemilan sehat untuk anak 1 tahun, misalnya kreasi dari bahan ubi ungu. Berikut cara membuatnya:

Bahan:

  • ½ buah pisang besar

  • 3 sdm ASI atau susu formula

  • 100 gr ubi ungu ukuran sedang

Langkah membuatnya:

  1. Kukus ubi ungu kurang lebih 20 menit, kemudian angkat dan haluskan

  2. Tambahkan pisang dan haluskan bersama ubi ungu

  3. Tambahkan susu bubuk ke adonan pisang dan ubi yang telah dihaluskan, lalu bentuklah adonan membentuk bola-bola, ukuran bola dapat Anda sesuaikan selera Anda

  4. Agar lebih menarik berikan garnish dan sajikan bola-bola ubi ungu Bunda dengan saus yoghurt.

Mudah kan, Bunda. Bahan dasar ubi ungu yang digunakan untuk membuat cemilan sehat untuk anak 1 tahun ini, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak. Cemilan ini mengandung 89 kkal energi, 3 gram protein, 1,6 gram lemak, dan 17 gram karbohidrat. Jangan lupa Bunda, gunakan campuran susu bubuk yang kaya akan protein dan omega 3. Semua ini terkandung dalam susu bubuk S-26 Procal dengan Nutrissentials yang khusus untuk anak berusia 1-3 tahun produk dari Wyeth.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar