Pertimbangkan Besarnya Kredit Anda Sebelum Membeli Rumah!

May 10, 2017 in Property

Rumah atau tempat tinggal menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang sehingga dapat digunakan sebagai tempat berlindung, tempat berkumpul dan tempat beristirahat. Namun, kendala saat ini yang banyak dihadapi adalah biaya hidup yang semakin tinggi, ekonomi yang tidak stabil dan harga rumah serta tanah yang semakin tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya memilih untuk membeli rumah, termasuk rumah subsidi dengan cara kredit.

Rumah bersubsidi disediakan oleh Perumnas yang bekerja sama dengan bank di Indonesia, lewat KPR bersubsidi menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun, sebelum Anda mengajukan kredit rumah, terdapat pertimbangan yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah kredit. Walaupun kehidupan seseorang tidak dapat dipisahkan dari hutang namun, jika Anda mengabaikan kredit yang telah Anda miliki sebelumnya dapat memperberat beban Anda.

Kredit konsumtif seperti membeli motor atau peralatan dapur seperti mesin cuci, menjadi pertimbangan utama. Jika Anda baru saja memiliki kredit konsumtif tersebut, sebaiknya jangan melakukan kredit rumah terlebih dahulu kecuali jika Anda yakin pendapatan Anda dapat menutupi segala kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki kredit selain KPR, pertimbangkan besar angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Jika Anda memiliki kredit dan Anda tidak dapat mengatur keuangan Anda dengan baik, mulai dari memikirkan jumlah angsuran per bulannya hingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, akan memberikan dampak yang buruk terlebih jika Anda memaksakan diri untuk membeli rumah subsidi. Akibatnya, Anda harus bersiap jika barang yang Anda beli lewat kredit tersebut ditarik kembali oleh kreditor karena Anda tidak dapat membayar sesuai dengan perjanjian. Selain harus memikirkan jumlah angsuran, pertimbangkan pula lama kredit Anda sebelum lunas. Dari pertimbangan tersebut, Anda dapat menentukan kapan waktu untuk berkredit rumah dengan tepat. Bagi Anda yang kurang mampu, sebaiknya pilih rumah yang bersubsidi yang disediakan oleh Perumnas sehingga tidak terlalu membebani Anda. Lewat program seribu rumah, Anda dapat memiliki rumah dari Perumnas dengan harga terjangkau. Jadi, gunakan KPR bersubsidi untuk mendapatkan rumah Perumnas!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar